Maandag, 18 Maart 2013

tugas jaringan komputer

NIM     : A2.1100216
NAMA : FAUJI SETIAWAN


ANALISIS KEBUTUHAN JARINGAN KOMPUTER DI SEBUAH WARNET


      Pada tugas jaringan komputer ini saya ditugaskan untuk menganalisis kebutuhan Hardware dan Software sebuah sistem jaringan komputer, maka pada kesempatan ini saya mencoba menganalisis sebuah warnet. Warnet merupakan salah satu tempat usaha yang memakai system jaringan komputer dalam melakukan operasinya, agar jaringan komputer di warnet tersbut terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( internet service provider ).

      Untuk membuat sebuah sistem jaringan komputer di warnet di butuhkan beberapa hal, di antaranya Hardware dan Software. Di bawah ini saya akan menjelaskan kebutuhan Hardware dan Sofware yang di butuhkan pada warnet yang saya analisis :

·         HARDWARE :



 Keterangan :



1.       komputer, di butuhkan beberapa buah komputer.
2.       Kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card) sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer
3.       Kabel jaringan befungsi sebagai media penghubung.
4.       Modem berfungsi sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.
5.       Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8,16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.
6.       Switch pada prinsipnya sama dengan hub yaitu berfungsi untuk menghubungkan tiap komputer dalam sebuah jaringan tapi switch lebih pintar daripada Hub, karena switch mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan. Selain itu switch juga memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.
7.       Router berfungsi untuk menyaring atau menfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Sama seperti hub/switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.

·         SOFTWARE :

         Sofware yang digunakan pada warnet ini adalah Billing explorer. Billing adalah sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat laporan keuangan dan laporan data karyawan pada warnet, selain itu juga billing digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client. dan sofware pendukung lain yang digunakan adalah  Sistem Operasi Microsoft windows7.

·         TATA LETAK WARNET :
  
Keterangan : Dari kabel Telepon dihubungkan ke modem. Pada modem disetting sebagai bridge. Kemudian dari modem dihubungkan ke pc yang sudah disetting menjadi router dan proxy web server. Dari pc server tersebut baru dimasukkan ke dalam hub/switch, baru kemudian di hubungkan ke tiap computer client dan billing.

·         TOPOLOGI


           Jaringan warnet ini menggunakan Topologi Star. Topologi Star adalah bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. keuntungan terbaik dari Topologi ini adalah ketika terdapat kerusakan kabel pada salah satu komputer tidak akan berpengaruh pada keseluruhan jaringan, Topologi ini memang sangan cocok untuk di gunakan pada jaringan komputer di warnet.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking